Info

Copet di angkot (M19 : Kp. Rambutan – Depok)

Taken from http://www.facebook.com/notes/dian-kuswandini-muthari/copet-di-angkot/10150389886461008

***feel free to share***

Ini adalah kejadian hari Jumat, 2 Desember kemaren. Sekitar pukul 2.30 siang,  saya naik angkot M19 (jurusan Kp. Rambutan-Depok) dari Margonda. Waktu saya naik, cuma ada 3 mahasiswi di dalamnya. Kira-kira di daerah Lenteng Agung naik seorang pria yg (maaf) keterbelakangan mental. Waktu itu saya duduk di samping pintu dan pria ini tanpa sepatah kata apapun memaksa duduk di tempat saya (bahkan sempat duduk di paha kiri saya). Saya sempat kesal karena ketidaksopanannya, namun setelah menyadari kalo dia mengalami keterbelakangan mental, saya mengalah dan bergeser ke dalam.

Nah, gak lama setelah dia naik, naiklah seorang pria tinggi tegap yg begitu masuk langsung duduk di sebelah kiri si orang idiot ini. Posisi saya pun semakin terdesak ke dalam. Nah, ntah kenapa sejak awal si mas-mas tegap itu naik, saya nangkep ada yang ga beres, karena dia jelas-jelas nunjukin kalo dia jijik sama si idiot. Dia ngeliatin gitu trus geleng-geleng sambil bergidik. Jujur, saya ga pernah liat orang kayak gitu, yg seterang-terangan itu ngerendahin kondisi fisik seseorang di tempat umum.

Nah, karena jijik gitu, dia pindah duduk di depan saya. Sebenarnya saya ga terlalu curiga sampe di daerah lintasan rel Tanjung Barat, naik seorang bapak tua lusuh (celananya berlumpur) dengan tas ransel gede banget. Nah, si mas tegap itu nawarin si bapak itu duduk di sebelah dia dengan ramahnya sambil bilang: “Keujanan Pak?” sambil senyum-senyum ramah. Nah, saya CURIGA berat dong… kok bisa ni orang yg tadi anti-sosial sama orang cacat malah mendadak ramah sama orang yg berpenampilan kotor? (akhirnya saya sadar kalo omongan dia itu adalah “kode” untuk mereka mulai beraksi).

Nah, setelah si bapak tua naik, mulailah si idiot kejang-kejang, ngeluarin liur dari mulutnya. Si bapak tua blilang: “Kenapa tuh? mabok ya dia?” Otomotis, saya ngeliat ke samping dong, dan si idiot udah mau menggelepar-menggelepar gitu di pangkuan saya… Tentu saja ini spontan membuat saya bangun dan mepet ke kaca belakang. Nah, pada saat itulah si pria tegap sok-sok nahan saya, sambil bilang berulang kali, “Tenang mbak, tenang, jangan PANIK!” sambil sok-sok pegang bahu saya. Sementara itu, si idiot udah makin ekstrem aja kejang-kejang, yg mana saya makin curiga karena yg keluar dari mulut dia tuh jelas-jelas cuman AIR LIUR biasa yg disembur-sembur gitu, bukan busa kayak orang ayan. Nah, sampai di sini, saya langsung sadar ada yang ga beres, bahwa ini  cuman skenario. Kontan, saya balik menghadap si tegap yg mana tas ransel dia udah nutupin tas saya. Tanpa menunggu lagi, saya angkat tas dia dan saya liat TANGAN dia masuk ke dalam tas saya sambil mau ngambil dompet saya.

Kontanlah saya teriak: “Eh MAS, MAU APA LOOOOO??? OH, ELO COPETTT ???!!!” sambil mukul tangan dia pake payung saya (waktu itu saya emang lagi memegang payung basah).

Eh, si mas itu langsung defensif, bilang sambil teriak: “Astaghfirulloh mbak!! Jangan nuduh sembarangan ya! Jgn kurang ajar dong!”

Saya: Eh, yang kurang ajar itu elo! Jelas2 tangan lo kepergok masuk ke tas gue!

Dia: Mbak jgn sembarangan ya! Coba liat dulu, itu ada yg ilang gak?!

Saya: Ya jelas GAK ADA yg ilanglah, kan elo belum sempat ngambil udah kepergok! Lo pikir gue BEGOK apa??

Trus dia memaki-maki saya gitu, sementara saya liat si idiot udah SEMBUH aja gituhhh ga nyembur-nyembur lagi! Hahaha… gile ketawan banget deh tadi cuma akting. Trus karena rame, si supir berentiin mobil sambil teriak: “MAS, TURUN deh sampeyan! Jgn bikin ribut di angkot saya!” Lah si idiot langsung turun… cepet bgt dia memahami perkataan si supir, padahal tadi cuman disuruh bergeser duduknya aja pura-pura gak connect otaknya. (btw, kalo menurut saya, (pria ini memang keterbelakangan mental, bukan pura-pura. mungkin dia emang dimanfaatin sama komplotan copet tsb).

Trus karena si mas tegap masih memaki-maki saya dgn sebutan kebun binatang (babi, asu…), saya pun kesal (hellooo? Udah bagus lo gak gue gampar yaa mas?) dan saya bilang ke dia: “Eh mas, lu udah copet kurang ajar lagi. Bagus lo gak babak belur ya! Gue pernah ya tugas di Mabes 3 tahun, kalo cuman penjahat copet kelas Polsek kayak elo mah gue ga level! (haha, tentu saja saya bohong… saya cuma pernah liputan kriminal di Polda dan Mabes). Gue sekarang panggil patroli Polsek Tj. Barat juga mampus lu.”  Saya lalu ambil telpon gitu, pura-pura mau nelpon polisi, eeehhh…. dia langsung minta turun di Ranco.

Nah, setelah dia turun mulailah si bapak tua ngomong. Sebenarnya saya udah curiga ini juga komplotannya (saya jg curiga satu org lagi yg duduk deket pintu). Kenapa? Soalnya ke-4 org ini semua memegang uang Rp 2rb, yg mana pasti kalo ada apa-apa mrk bisa langsung turun dan bayar ke supir.

Kata si bapak tua itu: “Ganteng2 ya mbak, malah nyopet…”

Saya: Jadi copet juga jgn bego kali pak, itu modus jaman jebot dipake. Pura-pura sakit, pura-pura muntah, nanya jam… gelindingin uang recehan buat narik perhatian calon korban. Jaman gini mah orang liat berita di tipi juga udah lgs ngerti dan pinter…”

Dia: Oh, itu metode lama ya mbak? Saya ga ngerti sih perpolitikan copet.”

(Dalam hati gue: WHAT THE HELL loee??? perpolitikan copet? bahasa lo bahasa copet banget pak!)

Kenapa tadi ga jadi panggil polisi aja mbak?

Saya: Ya saya jg ngerti kali pak kalo copet itu punya keluarga. Kalo masuk tahanan, anak istrinya gak makan. Ya saya lagi baik hati aja ngasi kesempatan dia untuk berubah.

Nah, selama saya ngomong kayak gitu, saya ga ngeliat muka si bapak karena saya tau, dari suara dia, kayaknya tipe penghipnotis gitu. Kayak pengen mempengaruhi pikiran saya… jd saya ga berani kontak mata sama dia. Sementara itu, penumpang lain ada yg ud turun, tinggal mbak-mbak satu orang, seorang ibu dan suaminya. lalu, kita pun mengobrol soal kejadian tadi. Saya sempat bilang kalo harusnya juga tadi saya turun sama si pencopet itu lalu teriak di jalanan biar ditangkep orang-orang. Maksud saya ngomong gitu mau ngetes si bapak tua dan si mas satu lagi itu.

Saya sempat ngelirik ke si bapak tua, dan ngeliat dia membuka tasnya, ngeluarin kertas-kertas sambil bilang “basahh nih, basah… rusak deh”, kayak ngasi kode ke temen satunya gitu. Trus, abis itu dia turun. Nah, si mas-mas satu lagi ini turun bareng saya di daerah Pasar Rebo. Dia kayak ngikutin saya gitu. Saya sempat masuk ke Indomaret utk sembunyi, ternyata pas saya keluar, dia masih di sekitar situ dan ngeliatin saya dengan mata tajam. Jujur, saya takut banget (yg namanya org punya niat jahat kan ud ga pake akal sehat lagi, kali aja mereka dendam sama saya).

Karena takut, saya naik angkot lagi sampai Kp. Rambutan. Ternyata, dia juga naik angkot di belakang saya, yang sama-sama jurusan Kp. Rambutan. Nah di angkot saya lgs ambil syal di tas, tutupin kepala dan pake masker biar pas di Rambutan dia ga kenalin saya lagi.

Begitulah, sampe Kp. Rambutan saya langsung kabur ke halte busway dan naik bus TransJakarta arah Kp. Melayu. Setidaknya, saya berpikir kalau di bus TransJakarta lebih aman, meskipun saya jadi kayak org bego aja gitu ke Kp. Melayu entah ngapain!  XD

Demikianlah pengalaman saya. Sebenarnya dulu saya juga sempat ngalamin di angkot waktu SMA. Modusnya: buka tutup kaca angkot untuk meludah trus sengaja ludahnya itu kena kita. Saat perhatian kita dialihkan seperti itu, temannya akan beraksi membuka tas kita. Waktu itu sih meskipun berhasil menggagalkan upaya mereka (kira2 ada tiga orang), krn saya masih anak bawang saya ga berani ngomel-ngomel… dan saya udah terlanjur ketakutan karena mereka memaki-maki saya di dalam angkot. Alhasil, saya turun dari angkot dan lari. Hahaha…

Pokoknya, waspadalah di angkutan umum. Wajib curiga kalo ada sesuatu yang “lebay” dan ga beres — hal-hal yang seperti diupayakan utk menarik perhatian kita. Modus lainnya yg saya tau: gelindingan uang recehan, pura2 gila atau stress, nyasar/salah naik angkutan, jualan alat refleksi, dan ada juga yg segerombolan langsung naik bareng2 sambil sok2 ngeluh: “capek deh dioper lagi.” — seakan-akan mereka baru dioper dari angkot lain.

Oh iya, jika sudah terlanjur mergokin, jangan pernah terlihat ketakutan. Cool aja. Kenapa? Karena mereka kebanyakan dari mereka emang punya basic menghipnotis. Dan kalo kita keliatan takut, mereka akan mudah memasukkan sugesti lewat kata-kata (denials, makian, dsb). Nah, kalo udah kena sugesti, kita makin ga berani bertindak lebih lanjut atau minta tolong ke orang sekitar (yang mana kejadian pada diri saya dulu).

-sekian- =)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Archives

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

