Kesehatan

Air Susu Ibu (ASI) Sangat Berguna Bagi Anak

Kabar yang menggembirakan, karena saat ini, sudah menjadi trend bagi RS untuk memberikan ASI ekslusif bagi bayi-bayi yang baru lahir. Saat ini, masyarakat pun sudah aware akan keuntungan memberikan ASI ekslusif dalam 6 bulan dan ASI + MPASI dalam dua tahun.

Sebagai muslim, seorang ibu juga dianjurkan untuk memberikan ASI sampai dua tahun. Dan pada akhirnya memang terbukti kalau ajaran Islam sejalan dengan ilmu pengetahuan masa kini.

”Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuannya. Dan kewajiban ayah member makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf.
Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan juga seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”
(Qs Al Baqarah (2) : 233).

Berdasarkan pengalaman, kedua anak saya sukses mendapatkan ASI ekslusif dan tidak minum susu formula. Alhamdulillah, otot mereka lebih keras dan tidak gemuk namun “ototnya kurang kencang” seperti anak susu formula.

Mengenai ASI ekslusif, saya sertakan artikel pendukung dari Linkages. Semoga bermanfaat.

Silahkan di download disini

ASI Eksklusif

 

——————

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Twitter Updates

Error: Please make sure the Twitter account is public.

%d bloggers like this: