GPRS / Data Services, Sharing/Seminar

Sharing Session di FSL ITB – GPRS/UMTS dalam Core Network

Sebenarnya sharing session ini sudah dilakukan setahun yang lalu, namun karena saya jarang nulis di blog, maka saya baru bisa memasukkannya sekarang.

Dimulai dari diskusi di milist ITB tentang bagaimana pentingnya sharing knowledge dari dunia Industri ke mahasiswa, akhirnya di perolehlah tawaran dari pihak ITB kepada saya untuk mengadakan sharing session. Sharing session ini dilakukan dalam acara Free Saturday Lesson (FSL). FSL biasanya diisi oleh para praktisi dan biasanya berbau IT. Beberapa orang selain saya yang pernah mengisi FSL adalah Pak Budi Rahardjo, PhD (Dosen STEI ITB dan juga praktisi IT Security), Himawan Nugroho (Triple CCIE) dan juga dari perusahaan seperti dari SUN.

Hasil dari bincang-bincang di milist ITB pun masuk ke tawaran dari Mas Affan Basalamah yg saat itu menjabat sebagai Head of IT Infrastructure Division Unit Sumber Daya Informasi (USDI) ITB. Kebetulan, selama saya kuliah di ITB, saya pun pernah bekerja di USDI (dulu namanya PSDI – Pusat Sumber Daya Informasi) sebagai Webmaster  ITB (www.itb.ac.id). Kalau dulu Mas Affan berasal dari kubu CNRG, saya dan teman-teman webmaster lain berasal dari kubu KMRG (Knowledge Management Research Group  – kmrg.itb.ac.id ) 🙂

Berikut adalah email bincang-bincang-nya

2011/3/4 Affan Basalamah <xxx@x>

    Salam,

    Mas Irwan,
    Saya mau ngefollow up obrolan di milis ITB agar ada acara sharing dari temen-temen industri telekomunikasi untuk temen-temen di kampus ITB. Mungkin mas Irwan bisa ceritakan kira2 apa topik yang akan disampaikan. Bisa juga didiskusikan dgn mas Luthfi yg saya cc: kan disini 🙂 Saya sih kebayangnya topik-topik yang lebih praktis, bukan topik-topik textbook.

    Disini saya cc: kan juga dengan mas Arief Bahtiar, pengelola acara Free Saturday Lesson (FSL) di Comlabs ITB yang sudah sering mengadakan acara sharing seperti ini. Tim FSL akan mencarikan waktu di bulan Maret ini, dan mempublikasikan acara ini ke kalangan mahasiswa.

    Saya juga sekalian cc: kan dengan mas Baskara dan pak Eueung, dosen dari STEI-ITB, mungkin bisa membantu untuk menyebarluaskan acara ini kepada mahasiswa-mahasiswa nya.

    Mudah-mudahan acara ini bisa direalisasikan.

    Terima kasih semuanya atas bantuannya,
    wassalam,

    -affan

Saya pun me-reply dan juga coba mengikutsertakan teman saya yang jagoan IN

M. Irwan Hrp
    
3/4/11
        
to Affan, Arief, Luthfi, baskara, Eueung, me, ramadhona
   

Salam balik ke Mas Affan,

Add Email saya lainnya  dan teman saya Ramadhona EL-98, spesialisasi di CS Core & IN
Untuk topik yang kukuasai adalah yg gak jauh-jauh dari pekerjaan, yaitu
– GPRS (PS Core)
– SMS
– MMS

Pada bagian Signalink dan konfigurasi praktis
Mungkin yang lagi nge-trend aja seperti GPRS 🙂

Dan topik seperti apa yang mau disampaikan ?

Yang terbayang adalah
1. Basic GPRS Call Flow dan Signalink-nya (Mobility & Session Management)
2. Best-practice network design di PS Core
3. Demo konfigurasi (view aja )

Mungkin kalau ada usulan dari Mas Affan, hal itu bisa lebih baik lagi

Rencananya bulan ini ya ?
Boleh kami discuss terlebih dahulu kapan kami bisa ?

Akhirnya setelah diskusi panjang, ditentukanlah waktu pelaksanaan. Awalnya mau dilaksanakan di April awal, namun karena saya ada acara ke Thailand sehingga acara di geser ke 23 April. Sayangnya rekan saya belum bisa ikut memberikan materi, jadi baru saya yg memberikan materi.

Agenda acara disusun dan di publish ke Website ITB http://www.itb.ac.id/agenda/1148.xhtml

When : Sabtu, 23 April 2011
Where :  Ruang Multimedia Comlabs USDI-ITB
Organizer : Tim FSL Comlabs
Category : ITB
Link agenda :  http://fsl.comlabs.itb.ac.id/2011/04/fsl-packet-core-network/
Description :
    FSL – GPRS/UMTS dalam Core Network

    FSL kali ini akan membahas FSL kali ini akan membahas implementasi GPRS/UMTS dan penerapannya dalam Core Network.

    Pemateri
    Mochamad Irwan Harahap
    Senior Engineer – Telco Implementation VAS di PT XL Axiata

    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
    Hari/tanggal : Sabtu, 23 April 2011
    Waktu : 09.00-11.45 WIB
    Tempat : Ruang Multimedia ComLabs USDI ITB, Gedung TPB lt 1 ITB Jl. Ganesha 10 Bandung

    Fasilitas: Snack

    Prosedur Pendaftaran
    Pendaftaran dapat dilakukan melalui website ini.
    Tempat terbatas; tidak dipungut biaya.
    Pada bagian Register, silakan pilih Quantity 1 lalu klik RSVP untuk mendaftar. Selanjutnya Anda tinggal mengisi form yang tersedia.

Sehari sebelumnya kami berangkat dari Jakarta menuju Bandung. Adapun susunan acara adalah sbb

Berikut rundown acaranya:

9.00-9.15 Perkenalan tentang comlabs dan FSL
9.15-9.30 Sambutan
9.30-10.45 Presentasi pembicara
10.45-11.15 Tanya jawab
11.15-11.30 Penyerahan sertifikat
11.30-11.45 Penutup

Peserta dihadiri sebanyak 144 orang (selain panitia) yang terdiri dari mahasiswa ITB/Non-ITB dan umum.
Acaranya interaktif & format acaranya santai sehingga banyak audience yang bertanya, terlebih lagi bahwa ada beberapa peserta yang berlatar belakang non-teknik. Alhamdulillah semua pertanyaan bisa terjawab, termasuk pertanyaan di luar topik seperti SMS & MMS 🙂

Adapun liputan dari FSL tersebut juga di dokumentasikan di

http://fsl.comlabs.itb.ac.id/2011/04/liputan-fsl-%E2%80%93-gprsumts-dalam-core-network/

Video yg di upload oleh rekan-rekan Comlabs bisa dilihat di

http://www.youtube.com/watch?v=tUpaBsLZAfk

Semoga saja audience mendapat tambahan ilmu dan berguna bagi mereka, khusunya yang mau terjun ke dunia telekomunikasi.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Archives

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

