Daily Activities, Kesehatan

Asam Urat :(

Mulai dari hari sabtu, kaki sebelah kanan dekat tumit saya agak sakit, seperti ada otot yang ketarik.

Hal ini saya biarkan saja, dan kami sekeluarga pun pergi ke bogor. Namun sabtu malam saya merasa sakit kaki semakin menjadi, bahkan ditaro di tempat tidur pun terasa sakit, dan jalan pun sulit. Minggu pagi pada saat bangun tidur, sakit makin menjadi. Jalan pun sambil dipapah oleh istri dan/atau pegangan ke tembok. Mau buang air juga sulit, untungnya di rumah ada toilet duduk.

Menurut orang-orang, yang kualami ini adalah asam urat. Physically sih tidak ada perubahan di kaki, setahu saya untuk asam urat, sendi sampai merah sedangkan di case saya kaki tidak merah. Namun, bisa juga ada benarnya, karena waktu hari Jum’at lalu sempat makan Nasi Briyani di Ah Mei Pejaten Village dan ada empingnya, dan emping memang “temannya” asam urat. Karena berasumsi bahwa penyakit saya adalah asam urat, maka saya pun meminum obat-obatan herbal 🙂

Ada beberapa makanan yg saya makan untuk mengobati penyakit saya

  • Bawang Putih

Saya memakan dua siung bawang putih. Ternyata bawang putih mengandung alisin yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti radang

  • Rebusan Air Daun Sirsak

Sembilan lembar daun sirsak dimasak dengan 3 gelas air sampai air rebusan menjadi sekitar satu gelas. Setelah itu airnya diminum

Kandungan senyawa tannin, fitosterol, caoksalat, dan alkaloid murisine dalam daun sirsak dipercaya mampu mengatasi asam urat. Sirsak juga memiliki efek diuretic (peluruh kencing) yang membuat sekresi asam urat melalui urine dapat berjalan lancar. Hanya saja, daun sirsak ini tidak disarankan bagi penderita maag atau gejala lambung karena kandungan asamnya tinggi. Hal ini sangat terasa, karena setelah meminum itu, perut saya langsung sakit. Alhasil saya pun memakan obat Ranitidin (Obat Lambung)

Ternyata selain baik untuk kanker (baca : Daun Sirsak Lebih Kuat 10000 kali daripada kemoterapi) , ternyata daun sirsak bagus juga untuk asam urat. Saya meminum 3 gelas sehari.

  •  Binahong

Binahong juga baik untuk asam urat. Binahong yang saya makan sudah dalam bentuk kapsul.

Setelah meminum ramuan tersebut, minggu malamnya kaki pun tidak sesakit sebelumnya, walaupun jalan masih pincang dan urat masih terasa ketarik. Saya masih belum berani menyetir, dan saya pun izin sakit tidak masuk kantor. Pada hari ini sudah jauh lebih baik, dan saya fikir saya sudah bisa menyetir lagi untuk pulang ke Jakarta dan Insya Allah besok kembali bekerja.

Bagi rekan-rekan yang kena asam urat, mungkin herbal diatas bisa digunakan.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Archives

Twitter Updates

Error: Please make sure the Twitter account is public.

