Info, Telecommunication

Metodologi Pengukuran Kinerja Jaringan Selular

Secara periodik, Kemkominfo melakukan pengukuran kinerja jaringan para operator selular di Indonesia.

Kinerja layanan seluruh operator di Indonesia harus mengikuti standardisasi yang telah oleh

PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA NOMOR : 12/PER/M.KOMINFO/04/ 2008
TENTANG STANDAR KUALITAS PELAYANAN JASA TELEPONI DASAR PADA JARINGAN BERGERAK SELULAR

( http://web.postel.go.id/content/ID/regulasi%5Cstandardisasi%5Ckepmen%5Cqos%20jartapseluler%20110408.pdf )

Dari sekian banyak standard pengujian, tulisan ini hanya membahas bagian teknis saja, yaitu :

 

Dropped Call

Dropped Call adalah panggilan yang berhasil dilakukan namun tiba-tiba terputus.

Adapun metoda pengujian adalah sbb :

  • Melakukan panggilan dengan uji statik dan drive test untuk Seluler & FWA
  • Durasi setiap panggilan selama 60 detik
  • Interval waktu antar panggilan 10 detik
  • Menghitung prosentase dropped call dengan rasio :

   Dropped Call = Jumlah dropped call x 100% /Jumlah panggilan yang dicoba

 

Blocked Call

Blocked Call adalah panggilan yang tidak dapat tersambung yang diakibatkan adanya gangguan pada jaringan bergerak seluler.
Adapun metoda pengujian adalah sbb :

  • Melakukan panggilan dengan uji statik dan drive test untuk Seluler & FWA
  • Durasi setiap panggilan selama 60 detik
  • Interval waktu antar panggilan 10 detik
  • Menghitung prosentase dropped call dengan rasio :

Blocked Call = Jumlah Blocked call x100% /Jumlah panggilan yang dicoba
SMS

Adapun metoda pengujian adalah sbb :

  • Melakukan percobaan SMS menggunakan dua handset dengan spesifikasi teknis yang sama
  • Handset 1 untuk mengirim SMS
  • Handset 2 untuk menerima SMS
  • Interval percobaan adalah 10 Menit
  • Merekam waktu perimaan SMS di Handset 2
  • Menghitung prosentase jumlah SMS yang diterima < 3 menit dengan rasio

    Jumlah SMS yang terkirim dalam 3 menit x 100% /Jumlah SMS yang terkirim dalam periode waktu pengujian

 

Service Level Call Center

Service Level Call Center Layanan Pelanggan adalah kecepatan operator Call Center dalam menjawab  panggilan pengguna layanan yang meminta layanan sejak pelanggan memilih menu berbicara dengan operator.
Adapun metoda pengujian adalah sbb :

  • Melakukan panggilan ke customer service masing-masing penyelenggara jaringan
  • Merekam waktu panggilan yang dijawab dalam 30 detik terhitung sejak pelanggan memilih menu bicara dengan operator
  • Menghitung prosentase jumlah panggilan yang dijawab dalm 30 detik dengan rasio
  • Jumlah panggilan yang dijawab dalam 30 detik dengan rasio

   Jumlah panggilan yang dijawab dalam 30 detik x 100% /Jumlah panggilan yang dicoba

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: