Daily Activities, Info

XL Net Rally 2012

Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba, dan itu berarti musim mudik Lebaran pun kian dekat. Pada tanggal 6-7 Juli XL Axiata mengadakan Drive Test Net Rally 2012 di beberapa kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar. Uji kesiapan jaringan ini dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi melalui jalur darat, dengan kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Yogya-Solo, dan Surabaya-Yogya) dan kereta api (Jakarta-Semarang), serta jalur penyeberangan laut menggunakan ferry (Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk).

Pada acara ini, saya pun ditunjuk untuk mewakili XL dari pihak yg dapat menjelaskan kondisi network XL untuk mengikuti Net Rally bersama dengan bos saya, yaitu Wira Wiguna (GM – SPM Performance Management) untuk dapat memberikan penjelasan kepada Pihak Pers/Media dan Para Blogger.

Rute Net Rally yang saya ikuti yaitu dari Jakarta ke Semarang dengan menggunakan Kereta Api dan dilanjutkan dengan Bus dari Semarang ke Jogja. Pada 6 Juli 2012 sekitar pukul 06:30 acara dimulai dengan pembukaan acara yang dilakukan oleh Presiden Direktur XL, Bpk. Hasnul Suhaimi. Beliau mengatakan ”Pada uji kesiapan jaringan ini, XL juga mengajak serta sejumlah media dan blogger agar masyarakat dan pelanggan mengetahui keseriusan XL menyiapkan jaringan yang terbaik. Semua sumberdaya yang kami miliki saat ini akan dikerahkan, termasuk juga berbagai perangkat pendukung.”

Sekitar pukul 07:15 para peserta Net Rally memasuki KA. Kereta dibagi menjadi dua gerbong, yaitu Gerbong Toraja untuk para wartawan dan Gerbong Executive untuk para blogger.

Ditemani Kang Asep (Mgr Optim Central) & Edward Sulung (Spv Optim Jabo), saya pun melakukan presentasi Drive Test selama perjalanan. Saya berkesempatan memberikan penjelasan kepada para Blogger. Uji sinyal yang dilakukan menggunakan peralatan dan metode standar yang sesuai dengan regulasi teknis yang ditetapkan oleh Pemerintah. Dalam hal ini kami menggunakan TEMS. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui. Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service),  dan data (internet dan BlackBerry). Adapun metodologi pengukuran kinerja jaringan selular dapat dibaca di https://hnawri.wordpress.com/2012/07/05/metodologi-pengukuran-kinerja-jaringan-selular/

Berdasarkan hasil drive test yg dilakukan live, menunjukkan bahwa kualitas sinyal XL bagus. Hal itu terbukti dengan banyaknya warna hijau di TEMS. Walaupun demikian memang masih ditemukan beberapa dari yg sinyalnya kurang baik (berwarna merah). Untuk mengantisipasi hal tersebut, XL akan menambahkan Mobile BTS atau booster.

Beberapa pertanyaan diajukan oleh para Blogger misalnya seperti berapa persen perkiraan lonjakan trafik, terutama data dan yg akses ke soc med. Bagaimana strategi XL untuk mengantisipasi lonjakan trafik dan daerah yg kualitas sinyal-nya kurang baik. Kami pun menjawab bahwa perkiraan lonjakan trafik sekitar 20-30%, begitu pula dengan layanan data. Karena trafik data secara mayoritas dikuasai trafik ke arah situs soc med (FB, G+, Twitter, etc), maka otomatis kenaikan trafik ke Soc Med linier dengan kenaikan trafik layanan data. Strategi XL pun secara overal sudah mengcover prediksi kenaikan trafik mudik lebaran. Dimana kami selalu melakukan antisipasi dan ekspansi jika utilisasi melebihi threshold. Jadi, secara overal kapasitas jaringan XL saat ini sudah mampu untuk menghadapi lonjakan trafik pada saat Lebaran. Walaupun demikian, XL tidak berdiam diri. Kami tetap melakukan optimisasi jaringan setiap saat dan bukan hanya untuk menghadapi Lebaran saja.

Setelah presentasi, ada beberapa games yg diadakan panitia. Perjalanan di KA cukup panjang, karena lama, kami pun ada yg mengobrol-ngobrol, update status, atau berfoto-foto 🙂

Berikut suasana di KA Executive

Saya pun berpose bersama Pak Wira dan Bu Turina (VP Corporate Communication)

Setelah sekitar 7 jam, kami pun sampai di Stasion KA Tawang di Semarang. Kami istirahat sebentar di Tawang, dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Jogja dengan menggunakan Bus Wisata.

Bus-nya keren, ada sofanya. Tapi ternyata walaupun keren, tetap aja pada mabok diperjalanan 🙂

Sesampai di Jogja kami makan malam dan selanjutnya Check In ke Hotel masing-masing. Karena berhubung waktu-nya mepet dan bertepatan dengan waktu libur anak sekolah. Saya dan Pak Wira pun mendapat Hotel yg lokasinya jauh dari tempat acara besok. Kami pun menginap di Sheraton Hotel.

Keesokan hari, bangun, sarapan dan menunggu jemputan pukul 07:00 menuju lokasi acara di Liquid Cafe. Pada presentasi tersebut, acara dibuka oleh sambutan dari Ibu Turina dan presentasi tentang kesiapan jaringan XL dibawakan oleh Pak Wira dan Pak Robert Dedi P (Sr. VP Field Operation), dan acara tanya jawab ditemani oleh Alfred P (GM Central Region). Pak Wira mempresentasikan kondisi network XL dan teknologi yg saat ini telah digunakan, termasuk teknologi MSC in Pool & SGSN in Pool dan kapasitas XL yg memadai serta hasil uji kelayakan sinyal di 15 kota. Hasil uji kelayakan sinyal pun menunjukkan bahwa hampir 100% hasil pengujian bagus (berwarna hijau).

Hal ini bagus bagi para pelanggan XL nantinya. Pertanyaan yang diajukan para wartawan pun mirip dengan pertanyaan yang diajukan para blogger di KA kemaren.

Secara overal, hasil drive test yg dilakukan berlangsung dengan baik dimana hampir 100% sinyal baik (kecuali di daerah batang yg kondisi-nya tidak memungkinkan untuk penambahan Mobile BTS). Secara acara pun berlangsung baik, karena baik wartawan maupun blogger interaktif dan banyak bertanya.

Walaupun kondisi hasil drive test sesuai menunjukkan hasil yg baik, tetap saja pemeliharaan kualitas jaringan harus dilakukan setiap saat. Mudah-mudahan pada saat kondisi mudik lebaran dan pada saat lebaran pun baik dan tidak ada incident yg berarti. Amien 🙂

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: