Kesehatan

Berhentilah Merokok !

Selama ini kita sering mendengar slogan untuk Stop Merokok. Bahaya merokok ini sudah sering disosialisasikan, bahkan di bungkus rokok pun sampai diberi tulisan peringatan “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan Janin”. Untuk menghindari efek buruk dari bahaya merokok, Pemprov DKI pun mengeluarkan Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 75 Tahun 2005.

Bahaya utama dari merokok adalah gangguan kesehatan yang bahkan sampai dapat menimbulkan kematian. Beberapa hasil penelitian yang mendukung bahaya merokok adalah sebagai berikut :

Berdasarkan World Health Ranking, 7 dari 10 penyebab kematian terbesar di Indonesia berhubungan dengan rokok dimana jantung koroner menempati urutan pertama di jumlah kematian 243.043 orang dengan rata-rata 150,77 dari 100.000 orang telah meninggal dunia.

Sedangkan sekitar 55% dari Top 50 penyebab kematian di Indonesia berhubungan dengan rokok

Dan untuk penyakit kanker, penyumbang pertama adalah kanker paru-paru, dimana memiliki rata-rata 20,51 dari 100.000 orang yang meninggal.

Berdasarkan fakta-fakta diatas, ada baiknya kalau kita berhenti merokok sekarang juga. Selain demi menyelamatkan diri kita sendiri, juga demi menyelamatkan orang lain yang menjadi perokok pasif karena kita.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Twitter Updates

Error: Please make sure the Twitter account is public.

%d bloggers like this: